Electric Lock secara sederhana adalah kunci yang digerakan oleh arus listrik. Umumnya Electric Lock yang ada saat ini digerakkan oleh listrik 12 VDC atau 24 VAC.

Electric Lock merupakan kebutuhan bangunan modern yang memungkinkan pengelolaan access control secara lebih terpadu, lebih aman, dan lebih efisien.  Electric Lock memungkinkan pengelola bangunan untuk mengunci dan membuka pintu tanpa harus menggunakan kunci (Keyless Access). Untuk mengatur mekanisme kerja dari electric lock ini maka dibutuhkan perangkat yang lebih dikenal dengan Door Access Control System. Dimana Electrick Locksendiri adalah salah satu komponen dari suatu access control system

Jenis Electric Lock berdasarkan tipe proteksi:

  • Fail Safe: Electric Lock yang memberikan proteksi jika terdapat aliran listrik. Lock jenis ini umumnya digunakan pada ruangan yang memiliki intensitas kegiatan / aktifitas manusia cukup tinggi. Dengan menggunakan lock ini, pintu akan otomatis terbuka pada saat emergency (aliran listrik padam), sehingga orang yang berada di dalam ruangan dapat keluar pada saat terjadi emergency seperti kebakaran.
  • Fail Secure: Electric Lock yang memberikan proteksi jika terjadi pemutusan aliran listrik. Lock jenis ini umumnya digunakan pada ruangan yang memiliki tingkat aktifitas manusia yang rendah dan diisi oleh barang – barang yang sangat berharga. Dengan menggunakan lock ini, pintu akan otomatis tertutup pada saat emergency (aliran listrik padam). Lock jenis ini umumnya digunakan pada tempat seperti gudang dan lemari penyimpanan.

Jenis Electric Lock berdasarkan mekanisme penguncian:

  • Electromagnetic Lock (EMLOCK): Electric Lock yang memberikan proteksi melalui kekuatan magnet. Kekuatan magnet disesuaikan dengan kebutuhan tingkat proteksi dan beban pintu. Electric Lock jenis ini dapat digunakan untuk berbagai jenis pintu.
  • Electric Door Strike: Electric Lock yang memberikan proteksi dengan menggunakan latch (lidah kunci) danelectric face plate. Electric Lock jenis ini umumnya digunakan untuk pintu yang memiliki frame cukup tebal seperti pintu kayu. Electric Door Strike ini harus ditanam pada frame pintu menggantikan fungsi lubang lidah pintu.
  • Electric Drop Bolt: Electric Lock yang memberikan proteksi dengan menggunakan solenoid yang digerakkan secara mekanis. Electric Lock jenis ini umumnya digunakan untuk untuk pintu kaca dan besi